Welcome to Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia

About

About

Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia (PORI) merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh kumpulan Dokter Spesialis Radiologi Konsultan Onkologi Radiasi. Sejarah PORI dimulai dengan dibentuknya perhimpunan bernama Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia pada tanggal 15 Juli 2000, pada saat Kongres Nasional Radiologi IX di Bogor. Kemudian pada Muktamar IDI XXVII tanggal 18–22 Nopember 2009 di Palembang akhirnya disahkan pembentukan Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia sebagai Perhimpunan Dokter Spesialis, dibawah naungan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

IMG_9465PX.jpgKami percaya pasien kanker berhak untuk mendapat kualitas hidup terbaik. Dan kami percaya radioterapi bisa menjadi salah satu jawaban untuk mencapai tujuan ini. Satu hal yang perlu diketahui, kanker adalah penyakit yang dapat dikendalikan bila ditemukan dalam stadium dini dan dilakukan pengobatan yang tepat.  Radioterapi merupakan salah satu langkah tersebut. Oleh karena itu PORI dibentuk juga sebagai wujud untuk melayani masyarakat khususnya pasien kanker, yang berkaitan dengan radioterapi ini.

Untuk melakukan tindakan radioterapi ini, diperlukan pengetahuan yang mendalam di bidang onkogenesis, onkologi dasar dan klinis sejak diagnosis dini hingga rehabilitasi pasca terapi, disamping kekhususan ilmu di bidang onkologi radiasi berserta ilmu-ilmu dasarnya, yaitu radiobiologi dan radiofisika. Kami merasa diperlukan sebuah wadah untuk dapat membimbing dan membina anggota dan meningkatan kemandirian profesi.